Karakteristik Anak Usia 4- 5 Tahun

Ciri- ciri fisik Anak usia 4- 5 tahun

Karakteristik anak Pada usia ini, anak mempergunakan ketrampilan gerak dasar (berlari, berjalan, melompat dan sebagianya) sebagai bagian dalam permainan mereka. Mereka masih sangat aktif, tetapi lebih bertujuan dan tidak terlalu mementingkan untuk bisa beraktivitas sendiri. Biasanya mereka sudah berhasil menguasai berbagai ketrampilan baru dengan  baik, seperti merangkak maju dan mundur, dan melompat dengan satu kaki. mereka masih menikmati belajar hal dengan melakukannya sendiri. Kebanyakan mereka mampu memakai dan melepas baju sendiri, mengancingkan dan melepaskan kancing baju, kecuali memakai sepatu. Bisa melakukan kegiatan harian dengan cepat mereka bersedia mengambil resiko untuk mencapai tujuannya.

Karakteristik Sosial

Peningkatan dalam permainan kelompok terjadi pada usia ini, meskipun jumlah anak dalam kelompok¬† permainan masih kecil, mereka mampu berkomunikasi lebih baik dengan anak lain, manambahkan angka angka baru dengan lebih mudah dan senang. Pada usia ini anak lebih menikmati permainan situasi “kehidupan nyata”. Anak bermain bersama dengan saling memberi dan menerima arahan. Anak mulai mampu berbagi dan bergiliran dengan inisiatif mereka sendiri. Anak menjadi sosialis.

Perkembangan Emosional

Anak usia 4- 5 tahun lebih mampu menggunakan bahasa untuk mengartikan tindakan tindakan fisik, di dalam situasi konflik. memahami peraturan dengan lebih baik, bahkan sering menuntut orang atau teman lain untuk matuhi aturan tersebut. Bahkan terkadang menetapkan peraturan tersebut terhadap orang lain., meskipun dia sendiri tidak melaksanakannya. Anak mulai mencari dukungan kepada kelompok san teman temannya. Dia tidak lagi tergantung kepada orang lain untuk persetujuan dan pengakuan dirinya.

Kemampuan Kognitif

Bahasanya telah berkembang, anak mampu menangani secara lebih efektif denagn ide idenya melalui bahasa dan mulai mampu mendeskripsikan konsep-konsep yang lebih abstrak. mereka menikmati kemampuannya menggunakan kata kata dan belajar mengenai makna dan pengaruh dari kata kata tersebut. Anak dalam usia ini mulai bertanya tentang banyak hal. Kata-kata ‘mengapa’ atau ‘bagaimana’ menjadi sangat penting bagi mereka. Skema obyek dan pemikiran¬† menjadi semakin besar dan semakin banyak, ketika mereka mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dan mengembangkan pemikirannya. Contoh, konsep mereka mengenai waktu menjadi semakin luas. Mereka bisa memahami hari, minggu, bahkan bulan. Hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang bararti bagi maereka.

Catatan untuk Guru dan Orang Tua

Anak usia 4 -5 tahun dapat di gambarkan sebagai “mobil sport” di bandingkan saat mereka berumur 3 tahun (lebih cepat, tangkas, halus, pamer, dan gerakan praktis). Mereka membutuhkan lebih banyak tempat dan kebebasan untuk menguji kemampuan dan ketrampilan baru mereka. Para orang dewasa seharusnya membantu mereka dalam usahanya mencoba cara-cara baru dan mendukung mereka dalam proses tersebut.

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

  • Download Brosur Pgtk

  • Archives

  • Categories

  • Advertise Here